BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

wily_astri

Rabu, November 24, 2010

Optimalkan Biomassa

Banjarmasin Post, 27 Oktober 2010



Sudah beberapa tahun terakhir kita mengalami krisis BBM, yang terkadang membuat kita harus antri berjam-jam di tempat pengisian bensin atau harus jalan kaki gara-gara tidak berhasil mendapatkan bensin. Bahkan krisis BBM membuat kita harus bergelap-gelapan di malam hari akibat pemadaman bergilir. Hal ini dapat membuat aktivitas jadi terhambat. Tentu kita tak ingin ini terjadi. Adakah terpikir oleh kita untuk mengoptimalkan pemakaian energi alternatif pengganti?
Ya, energi alternatif pengganti. Beberapa penelitian telah menemukan energi alternatif pengganti BBM. Salah satunya adalah biomassa, yaitu bahan biologis yang hidup atau baru mati yang dimanfaatkan sebagai sumber bahan bakar, misalnya pengolahan limbah kelapa sawit menjadi biodiesel untuk kemudian dimanfaatkan sebagai bahan bakar, dan masih banyak lagi bahan pangan yang berpotensi menjadi energi dari biomassa.
Kini saatnya kita optimalkan pemakaian biomassa. Selain dapat mengatasi krisis BBM, biomassa menjadi salah satu solusi untuk mengurangi beredarnya gas rumah kaca di atmosfer karena bahan dasarnya disediakan alam sehingga tergolong energi ramah lingkungan. Proses konversi energi biomassa juga memiliki investasi yang lebih murah dibandingkan dengan sumber energi lainnya.

0 comments: