BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

wily_astri

Minggu, Maret 28, 2010

Keterlanjuran

_ Nasihat Ibnu Abbas
"wahai orang yang berbuat dosa, janganlah sepelekan akibat-akibat perbuatan dosa itu. Sebab ekornya jauh lebih gawat daripada dosa itu sendiri. Kalau engkau tidak merasa malu kepada orang lain padahal engkau telah berbuat dosa, maka sikap tidak punya malu itu sendiri adalah juga dosa".

"kegembiraanmu ketika melakukan dosa, padahal engkau tidak tahu apa yang diperbuat Allah atas dirimu, adalah juga dosa. Kalau engkau sedih karena tidak dapat berbuat dosa maka kesedihanmu itu jauh lebih dosa dari perbuatan itu. Engkau takut kalau-kalau angin bertiup membukakan rahasiamu, tetapi engkau sendiri telah berbuat dosa tanpa takut akan Allah yang melihatmu. Maka sikap seperti itu adalah lebih besar dosanya ketimbang perbuatan dosa itu".

_ Dalam Al-Qur'an Al Kariim, Q.S.Al-A'raaf: 201, bahwa bagi seorang muslim tidak ada pembenaran sedikit pun pada alasan 'keterlanjuran' dalam mengarungi tindak kejahatan atau keburukan secara berlarut-larut. Justru pada kali pertama pesona-pesona keburukan itu menggoda, orang yang bertakwa segera mengingat Allah, lalu dengan itu ia menyadari kesalahannya sejak saat itu juga . . .

0 comments: